Pada saat mengikuti pelatihan di Penang, relawan …

Pada saat mengikuti pelatihan di Penang, relawan LKY belajar cara membuat pupuk cair secara organik. Pupuk ini mudah menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar kita. Selain murah, manfaat penggunaan pupuk organik adalah untuk menjaga kelestarian lingkungan. Pupuk alami ini dapat merangsang pertumbuhan pohon. Paling baik digunakan untuk tanaman sayur dan hias.
Bahan yang dibutuhkan adalah 30 buah jeruk nipis, 5 telur ayam, dan 125 ml air gula kelapa. Cara membuatnya, iris dan peras semua jeruk nipis ke dalam toples plastik. Masukkan air gula kelapa. Setelah itu masukkan telur ayam mentah dalam keadaan utuh.
Tutuplah toples secara rapat, lalu tuliskan tanggal pembuatan dan tanggal 10 hari setelah tanggal pembuatan pada tutup botol tersebut. Setelah 10 hari, bukalah penutup toples kemudian tambahkan air gula kelapa sebanyak volume cairan yang ada pada toples tersebut. Diamkan lagi selama 10 hari. Setelah itu, pupuk cair siap digunakan.
Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan 3 sendok makan larutam pupuk ke dalam 1 liter air, kemudian disemprotkan pada pokok pohon di pagi atau sore hari.

Panduan video cara membuat pupuk cair ini dapat dilihati di laman Youtube https://youtu.be/eE_Cz6Mi9OQ

https://www.youtube.com/attribution_link?a=4MD1jdrKKYc&u=%2Fwatch%3Fv%3DeE_Cz6Mi9OQ%26feature%3Dshare

Pupuk Organik Cair

Pada saat mengikuti pelatihan di Penang, saya belajar cara membuat pupuk cair secara organik. Pupuk ini mudah menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar kit…